Apresiasi Dedikasi Alumni Kepada Masyarakat

Januari 26, 2019 oleh : superadmin-acc

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang telah berdiri 38 tahun yang lalu memiliki puluhan ribu alumni yang tersebar di berbagai pelosok tanah air. Sebagai salah satu institusi pendidikan, lulusan UMY juga turut memberikan sumbangsih untuk negeri ini dari berbagai aspek. Untuk mengapresiasi pengabdian para alumninya UMY akan memberikan penghargaan kepada alumni yang telah berdedikasi kepada masyarakat pada acara yang bertajuk Alumni Award dalam rangkaian dari perayaan Milad ke-38 UMY pada Sabtu, 30 Maret 2019 mendatang. Selain untuk memberikan penghargaan kepada para alumni, ajang Alumni Awards juga bertujuan untuk mempererat kembali silaturahim antara para alumni dari semua angkatan.

“Kegiatan ini ditujukan kepada alumni yang memiliki dedikasi bukan hanya kepada kampus, tetapi yang paling penting terhadap masyarakat, karena kami memiliki harapan besar kepada para alumni UMY untuk memberikan pengaruh positif dimanapun mereka berada. Alumni Awards sendiri adalah salah satu cara UMY yang memberikan penghargaan kepada lulusan yang telah berdedikasi di masyarakat di berbagai bidang seperti politik, seni, budaya, dan lainnya,” ujar Kepala Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni LPKA Faris Al-Fadhat, Ph.D.

Faris menegaskan bahwa pemberian penghargaan ini tidak hanya diberikan kepada alumni yang memiliki nama – nama besar saja. Pasalnya ia merasa siapapun bisa berdedikasi dan membangun masyarakat. “Hal seperti ini yang harus kita luruskan, kategori prestasi tidak selalu diarahkan kepada orang – orang besar. Bahkan alumni UMY yang aktif di sebuah komunitas, relawan, atau guru , tetap mempunyai peran yang vital. Tetapi, prestasi itu kita ukur dari kontribusi alumni yang mempunyai dampak di masyarakat,” imbuhnya.

Dalam proses penjaringan nama – nama alumni yang akan dinominasikan sebagai peraih penghargaan, panitia pelaksana akan bekerjasama dengan Keluarga Alumni Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (KAUMY). KAUMY akan memiliki tugas untuk membantu kelancaran pelaksanaan acara ini, yang pertama adalah penjaringan alumni yang ada di berbagai tempat dan mensosialisasikan program ini. Kedua, KAUMY juga akan terlibat dalam proses seleksi alumni yang akan menjadi calon – calon nominator. Selain itu, siapa pun berhak mengajukan nama alumni yang akan menjadi peraih penghargaan.

Terdapat dua kategori yang akan diberikan pada acara Alumni Awards mendatang yaitu Alumni Achievement Award dan Outstanding Alumni Award. Adapun untuk keterangan dan pengusulan calon Alumni Award UMY 2019 tersebut dapat dilakukan melalui laman alumniawards.umy.ac.id. (ak)