Yogyakarta. Pada bulan November 2017, setidaknya ada tiga konferensi internasional yang diikuti oleh perwakilan dosen prodi Akuntansi UMY. Mereka adalah Dr. Ahim ABdurahim, SE., M.Si., Ak., SAS., CA dan Dr. Rizal Yaya, SE., M.Sc., Ak., CA yang tampil di 3rd IPAFEM Turkey, Dr. Ietje Nazaruddin, SE., M.Si., Ak., CA, Arum Indrasari, SE., M.Bus., Ak., CA., Sri Budhi Rezki, SE., M.Sc yang hadir pada ICMB Vietnam dan Evy Rahman Utami SE., M.Sc yang juga menjadi presenter di ajang bergengsi 4A annual conference di Bali.

Tujuan dari keikutsertaan dosen-dosen Akuntansi UMY ini tidak lain adalah untuk mendiseminasikan hasil riset mereka di bidang akuntansi. Selain itu, hal ini juga merupakan bentuk perwujudan dari cita-cita UMY yang mengusung tag line “Muda Mendunia”. Dosen-dosen UMY, tidak hanya di Prodi Akuntansi, senantiasa di dorong oleh pimpinan Universitas untuk berkiprah secara profesional sebagai dosen, salah satunya di bidang penelitian dan publikasi ilmiah. Tidak hanya dalam ajang-ajang konferensi skala nasional, tetapi juga internasional.

Selain sebagai upaya mencapai visi dan misi UMY sebagai kampus Islami yang memiliki daya saing global, hasil-hasil penilitan yang disampaikan di berbagai ajang konferensi tadi merupakan wujud nyata peran UMY dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya di bidang Akuntansi, dalam upaya meningkatkan peran dosen lembaga pendidikan tinggi untuk membantu meningkatkan kualitas praktik manajemen dan tata kelola lembaga bisnis maupun non-bisnis (sektor publik) di Indonesia.

Dalam ajang 3rd IPAFEM di Turkey sendiri Dr. Rizal Yaya, SE., M.Sc., Ak., CA yang juga merupakan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMY di daulat menjadi peraih best paper. Hal ini merupakan prestasi yang luar biasa mengingat ditengah kesibukan beliau sebagai Dekan FEB UMY, beliau tetap aktif dalam melaksanakan tugas utama sebagai dosen, yakni pada domain penelitian dan diseminasi internasional.(hs)