FEB Sabet Gelar Juara Umum di Kompetisi Ide Kreatif 2019

Oktober 31, 2019 oleh : superadmin-acc

Sebagai bentuk dukungan terhadap pemikiran kreatif mahasiswa, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali menggelar Kompetisi Ide Kreatif (KIK) untuk kedua kalinya yang diikuti oleh ratusan mahasiswa. Melalui program ini diharapkan juga dapat meningkatkan life skill bagi mahasiswa. Kompetisi ini secara resmi ditutup dengan menetapkan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) sebagai Juara Umum, Sabtu (26/10) di Pelataran Gedung A.R Fachruddin UMY.

Rektor UMY Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P menegaskan bahwa kompetisi ini harus sering dilaksanakan secara rutin. Hal ini dilakukan guna mengakomodasi minat mahasiswa untuk melakukan penelitian di berbagai bidang. UMY memiliki tradisi untuk rutin mengirimkan ratusan proposal penelitian tiap tahunnya yang dikirimkan ke dikti. “Kita harus menggunakan otak secara maksimal dengan berfikir secara kreatif. Dengan menggunakan otak kita secara baik, kemampuan untuk bersosial akan semakin baik pula,” ujarnya.

Sebagai perguruan tinggi yang berada di kota yang berisi oleh berbagai macam golongan, UMY dituntut untuk menjadi kampus yang menghasilkan lulusan berwawasan luas dan menghargai keberagaman. “Kita hidup di Yogyakarta sebagai kota yang penuh dengan keberagaman. Pemikiran terbuka dapat mengeratkan keberagaman dan toleransi,” imbuh Gunawan.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Kepala Divisi Pengembangan Kreativitas dan Penalaran Mhasiswa (PKPM) Lembaga Penembangan Kemahasiswaan dan Alumni (LPKA) UMY, Oki Wijaya, S.P., M.P. menuturkan bahwa KIK merupakan kompetisi yang berfungsi sebagai sarana berlatih mahasiswa untuk menghadapi Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS). Untuk itu ia berharap mahasiswa memanfaatkan dengan baik fasilitas ini. “Ini adalah miniatur Pimnas, kompetisi ini kita buat agar kalian bisa bertarung ide kteatif. Agar nantinya dapat keluar menunjukkan yang terbaik,” imbuhnya.

Kompetisi tahun ini diikuti oleh sekitar 200 proposal dari berbagai jurusan dengan FEB sebagai juara umum. Berikut daftar perolehan juara, Fakultas Agama Islam (FAI) 3 medali, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) 3 medali, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) 9 medali, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol) 2 medali, Program Vokasi 5 medali, Fakultas Hukum (FH) 1 medali, Fakultas Pendidikan Bahasa (FPB) 1 medali, Fakultas Pertanian (FP) 5 medali dan Fakultas Teknik (FT) 1 medali. (ak)