Selasa (06/03) Program Studi Akuntansi telah menyelenggarakan Workshop "Metodologi Penelitain Kualitatif Studi Kasus Potensi Pajak Daerah". Workshop ini disampaikan oleh Dr. Icuk Rangga Bawono, S.H., S.E., M.H., M.Si., Ak., CA. Beliau merupakan dosen di Universitas Jendral Sudirman, Purwokerto. Beliau juga seorang praktisi dan peneliti dibidang akuntansi sektor publik. Workshop Ini diikuti oleh 100 orang mahasiswa dan beberapa dosen Akuntansi.

Workshop ini dibuka dengan sambutan yang disampaikan oleh Bapak Ahim Abdurahim yang merupakan kepala program studi akuntansi UMY. Selanjutnya workshop di sampaikan oleh Dr. Icuk dengan Bapak Afrizal Tahar sebagai moderator.

Pada workshop yang diberikan beliau membahas banyak hal mengenai pemerintahan di Indonesia dan juga membahas banyak kasus yang ada di Indonesia mengenai pajak daerah dan penyelenggaraan pemerintahan daerah. Beliau juga memberikan cara-cara penelitian dengan metode kualitatif yang jarang dilakukan oleh mahasiswa akuntansi karena umumnya mahasiswa akuntansi UMY melakukan penelitian dengan menggunakan metode kuantitatif. Dr. Icuk juga memberikan kiat-kiat untuk mahasiswa dalam mengerjakan skripsi dengan lancar.

Pada akhir sesi workshop beberapa mahasiswa mengajukan pertanyaan mengenai penelitian yang mereka ambil dibidang sektor publik dan juga Dr. Icuk dan mahasiswa berdiskusi mengenai kasus-kasus atau fenomena yang ada untuk dijadikan sebuah penelitian.

Pada akhir Acara Bapak Afrizal Tahar selaku ketua panitia memberikan kenang-kenangan dan sertifikat kepada Dr. Icuk. Setalah itu ditutp dengan foto bersama peserta workshop dengan Dr. Icuk.

Tujuan diadakannya workshop ini adalah untuk lebih mengenalkan penelitian dengan metode kualitatif kepada mahasiswa akuntansi UMY. Kemudian diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam memilih  dan merancang penelitian  yang akan dilakukan.