Sabtu (10/3) program studi akuntansi telah melakukan kegiatan pembukaan Pendampingan Agama Islam (PAI 2018) dengan tema "Membentuk Karakter Calon Akuntan yang Islami dan Berkemajuan" dengan pemateri oleh Drs. Gita Danupranata, S.E., M.M yang juga merupakan dosen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Kegiatan ini di ikuti oleh seluruh mahasiswa Akuntansi angkatan 2017 dan bebrapa mahasiswa angkatan diatasnya. Kemudia kegiatan ini dibuka dengan sambutan yang disampaikan oleh Bapak Ahim Abdurahim yang merupakan kepala program studi akuntansi UMY.

Dalam konteks pendidikan dilingkungan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta secara intra kurikuler sosialisasi dan internalisasi nilai-nilai ajaran islam masih bersifat formalistik yang cenderung mengarah pada sistem pendidikan yang berorientasi kognitf, sedangkan aspek afektif psikomotoriknya masih belum disentuh secara mendalam.


Selain masalah kurikulum, problem yang timbul pada mahasiswa adalah terjadinya dekadensi moral, baik dalam pergaulan, pakaian, maupun pemahaman keagamaan yang sekarang muncul organisasi yang mengatasnamakan Islam tapi menyimpang dari ajaran Islam.

Berangkat dari hal tersebut perlu dikembangkan program internalisasi nilai-nilai islam yang bersifat intra kurikuler dalam bentuk yang lebih mengedepankan aspek afektif dan spikomotorik. Program tersebut akan dikemas dalam bentuk Pendampingan Agama Islam (PAI).

Adapun tujujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk mengembangkan sikap dan pola pikir ke Islaman mahasiswa menuju pemahaman Islam yang kaffah dengan pola-pola pendekatan cara belajar mahasiswa aktif, sehingga nantinya diharapkan nilai-nilai Islam akan semakin kuat tertanam dalam sanubari setiap mahasiswa. Dan dari pemahaman yang mendalam ini akan mendorong para mahasiswa untuk mengamalkan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari.

Acara ini juga didukung dengan 47 mentor yang telah melalui seleksi dan pembekalan materi intensif dari program studi akuntansi. Diharapkan juga mentor-mentor ini dapat menjadi pioner contoh yang baik bagi mahasiswa akuntansi lainnya, selain itu tugas mentor adalah untuk pemberian pembekalan materi kepada mahasiswa selama 2 bulan kedepan.