Profil Lulusan

Program Studi Akuntansi UMY memiliki tujuan menghasilkan akuntan profesional di bidang akuntansi, berorientasi global, mampu beradaptasi terhadap perubahan lingkungan bisnis di masa depan dan memiliki landasan etika dan akhlak yang Islami. Profesionalitas dibangun melalui pembentukan sikap dan keahlian seorang akuntan profesional yang memiliki integritas serta penguasaan keahlian di bidang akuntansi. Keahlian akuntansi dikembangkan melalui kurikulum yang disusun berdasarkan kajian terhadap kebutuhan stakeholder saat ini dan masa depan serta visi dan misi UMY. Lulusan program Studi Akuntansi memiliki keunggulan dibandingkan dengan lulusan program studi Akuntansi lainnya dalam penguasaan Akuntansi sektor publik dan akuntansi  syariah.  Selain itu lulusan program studi akuntansi juga dibekali keahlian pengelolaan organisasi berbasis IT, dengan sertifikasi monsoon enterprise resource planning (MERP). Untuk meningkatkan kompetensi lulusan, program studi Akuntansi sedang memproses pembukaan CPA Test Centre pada semester genap Tahun Akademik 2017/2018. Untuk memperluas dan meningkatkan kompetensi lulusan Program Studi Akuntansi menyelenggarakan berbagai kegiatan diluar kurikulum berbasis hardskill seperti Brevet Pajak A dan B, Brevet Akuntansi Syariah, Brevet Akuntasi Sektor Publik, Brevet Audit Internal,  kegiatan terkait aktifitas Bursa Efek Indonesia serta kegiatan  akademik lainnya.  Untuk mendukung kompetensi berbasis softskill diselenggraakan kegiatan pendampingan Agama Islam, Pendampingan, Bridging, pengembangan diri, Himpunan Mahasiswa Jurusan, minat dan bakat, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah dan kegiatan non kurikuler lainnya.

Secara detail, prodi Akuntansi UMY menyiapkan lulusan dengan profil utama sebagai tenaga akuntan yang siap kerja baik di lembaga bisnis maupun non bisnis, diantaranya adalah (tapi tidak terbatas pada yang disebutkan) sebagai berikut:

Lembaga Bisnis:

  1. Auditor di Kantor Akuntan Publik
  2. Auditor Internal Perusahaan
  3. Konsultan Keuangan
  4. Akuntan Internal Penyusun Laporan Keuangan Perusahaan
  5. Bagian Keuangan di Divisi Manufaktur/Produksi
  6. Bagian Perpajakan Perusahaan
  7. Konsultan Perpajakan
  8. Bagian Keuangan di Perusahaan Perbankan
  9. Bagian Keuangan di Perusahaan Asuransi
  10. Bagian Keuangan di Koperasi atau Baitul Maal wat Tamwil (BMT)
  11. dsb

Lembaga non-Bisnis:

  1. Akuntan Internal Penyusun Laporan Keuangan di Lembaga Pemerintahan: Kementerian, Rumah Sakit, Puskesmas, Pendidikan, dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (Dinas, Badan, atau Lembaga)
  2. Auditor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)
  3. Auditor Internal di Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP)
  4. Bagian Perencanaan Pemda
  5. Pegawai Dirjen Pajak dan Kementrian Keuangan
  6. Pegawai Otoritas Jasa Keuangan (OJK)
  7. Kader Dosen Akuntansi
  8. dsb

Klik di sini untuk melihat alumni akuntansi UMY